Asosiasi Warna Pada Hunian


Blogger Templates Gallery

WARNA dapat menimbulkan kesan tertentu dan mempengaruhi perasaan manusia. Berikut sekelumit ulasan mengenai asosiasi warna.
1. Merah: membangkitkan energi, hangat, komunikatif, aktif, optimistis, antusias dan bersemangat. Memberi kesan sensual dan mewah, meningkatkan aliran darah dalam tubuh, dan berkaitan dengan ambisi.

2. Pink: hangat dan emosional, juga lembut dan menenangkan. Melambangkan kasih sayang dan perasaan cinta, tapi bisa pula berarti kekanak-kanakan.

3. Oranye: warna yang melambangkan sosialisasi, penuh harapan, dan percaya diri, membangkitkan semangat, vitalitas, dan kreativitas. Dapat menimbulkan perasaan positif, senang, gembira, dan optimis, penuh energi, bisa mengurangi depresi dan perasaan tertekan.

4. Kuning: membangkitkan energi dan mood, warna yang penuh semangat dan vitalitas, komunikatif dan mendorong ekspresi diri, memberi inspirasi, memudahkan berpikir secara logis dan merangsang kemampuan intelektual(cocok sebagai warna atau aksen di ruang belajar).

5. Hijau: membangkitkan energi dan juga mampu memberi efek menenangkan, menyejukan, dan menyaimbangkan emosi. Warna ini elegan, menyebuhkan, mendorong perasaan empati terhadap orang lain. Nuansa hijau dapat meredakan stres, memberi rasa aman, dan perlindungan.

6. Biru: menimbulkan perasaan tenang dan dingin, melahirkan perasaan sejuk, tentram, hening, dan damai. Memberi kenyamanan dan perlindungan. Warna ini juga diasosiasikan dengan kesan etnik, antik, country style. Warna biru yang kuat bisa merangsang kemampuan intuitif dengan memudahkan meditasi.

7. Ungu: dekat dengan suasana spiritual dan magis, mistis, misterius, dan mampu menarik perhatian. Memberi kesan sensual, feminim, antik, anggun, hangat. Ungu yang kuat dapat memancarkan kekuatan, bisa menambah kekuatan intuisi, fantasi, dan imajinasi, kreatif, sensitif, memberi inspirasi, dan obsesif.

8. Cokelat: warna netral yang natural, hangat, membumi, dan stabil, menghadirkan kenyaman, memberi kesan anggun, dan elegan. Dapat memberi keyakinan dan rasa aman, warna yang akrab(familier) dan menenangkan, bisa mendorong komitmen.

9. Putih: melambangkan kemurnian dan kepolosan, memberikan perlindungan, ketentraman, kenyamanan, dan memudahkan refleksi.

10. Hitam: warna yang kuat dan penuh percaya diri, penuh perlindungan, maskulin, elegan, megah, dramatis, dan misterius.

11. Abu-abu: warna netral yang dapat menciptakan kesan misterius, juga mententramkan dan menimbulkan perasaan damai. Kesan lain dari abu-abu antara lain independen dan stabil, menciptakan keheningan dan kesan luas.

Bila anda meng-copy atau memperbanyak kutipan di atas ini,

seyogyanya dan seharusnya atau semestinya anda tetap mencantumkan semua sumber-sumber tersebut di atas.

Created by: Irfan C. Riyadi,

0 comments:

Post a Comment

Please, shout your comment in here..!

Copyright © 2010 Irfan C. Riyadi XITPB All Right Reserved| is proudly powered by Blogger